USB Forensik : Temukan USB terakhir Terhubung

USBDeview adalah utilitas kecil yang mencantumkan semua perangkat USB yang saat ini terhubung ke komputer.

Ini adalah postingan ke dua yang membahas tentang forensik di blog xhref yang sebelum nya membahas tentang Alat-alat Komputer Forensik. Kali ini saya akan membahas bagaimana caranya mengetahui USB mana yang terahir terhubung pada perangkat kita (OS Windows).

Cara mengetahui USB mana yang terahir terhubung pada perangkat kita dengan menggunakan software USBDeview. USBDeview adalah utilitas kecil yang mencantumkan semua perangkat USB yang saat ini terhubung ke komputer, serta semua perangkat USB yang sebelumnya terhubung ke komputer. Untuk setiap perangkat USB, informasi tambahan akan ditampilkan seperti Nama/deskripsi perangkat, jenis perangkat, nomor seri (untuk perangkat penyimpanan massal), tanggal/waktu perangkat ditambahkan, VendorID, ProductID, dan banyak lagi… 

USBDeview juga memungkinkan untuk menghapus instalasi USB perangkat yang sebelumnya  digunakan, memutuskan sambungan perangkat USB yang saat ini terhubung ke komputer, serta menonaktifkan dan mengaktifkan perangkat USB dan juga dimungkinkan menggunakan USBDeview di komputer jarak jauh, selama Anda masuk ke komputer tersebut dengan pengguna admin.

Catatan : software ini berfungsi pada Windows 2000, Windows XP, Windows 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Windows 11. Sistem 32-bit dan 64-bit didukung. Windows 98/ME tidak didukung.

Cukup sekian pembahasan tentang USBDeview, semoga bermanfaat.

 

usbdeview.zip 100KB


No one is too busy, it's just a matter of priority.