Pembaruan pada Nama Situs: Cara Pendekatan Baru Google

Fitur nama situs Google adalah judul dan nama situs yang ditampilkan Google di daftar hasil pencarian.


Bayangkan Anda berada di pesta yang ramai, mencoba mencari teman Anda, John. Anda berteriak "John!" dan beberapa kepala menoleh – ada John si tukang roti, John si pengacara, dan John si artis. Itu nama yang umum, dan itu membingungkan. Ini serupa dengan yang terjadi saat Google mencoba mengidentifikasi situs web dengan nama umum atau serupa. Tetapi Google baru-baru ini meluncurkan pembaruan untuk fitur nama situsnya di Google Search, yang bertujuan untuk mengurangi kebingungan ini dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Apa yang Baru di Pembaruan Nama Situs Google?

Fitur nama situs Google adalah judul dan nama situs yang ditampilkan Google di daftar hasil pencarian. Google menampilkan nama situs web asal laman saat muncul di hasil penelusuran. Pembaruan terkini telah memperluas dukungan untuk nama situs pada subdomain di semua perangkat dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan Jepang.

Selain itu, Google telah melakukan peningkatan lain dan menambahkan solusi saat Google salah menyebut nama situs Anda. Misalnya, jika sistem nama situs Google tidak cukup tangguh untuk menggunakan nama pilihan Anda, sistem tersebut akan mempertimbangkan nama alternatif yang disediakan oleh properti alternateName.

Google telah memperbarui panduannya untuk mendeklarasikan nama situs pilihan Anda ke Google Penelusuran. Cara terbaik untuk menunjukkan nama situs pilihan ke Google adalah dengan menggunakan data terstruktur WebSite, seperti yang dijelaskan dalam dokumentasi nama situs Google. Google kini mendorong lebih banyak penggunaan properti alternateName saat terkadang nama situs pilihan tidak tersedia untuk situs Anda.

Solusi untuk Nama Situs

Google juga telah membuat daftar beberapa solusi ketika Google Search tidak memilih nama pilihan atau alternatif. Ini termasuk:

  • Memberikan nama alternatif menggunakan properti alternateName.
  • Memberikan nama domain atau subdomain Anda sebagai opsi cadangan.
  • Jika dua opsi di atas tidak berfungsi, Anda dapat memberikan nama domain atau subdomain Anda (dalam huruf kecil semua) sebagai nama pilihan Anda sebagai opsi solusi terakhir.

Google menggunakan berbagai metode untuk menentukan nama sebuah website untuk hasil pencarian. Namun, Anda dapat menggunakan data terstruktur di beranda untuk menyampaikan nama spesifik situs web Anda ke Google. Google memiliki dokumentasi khusus tentang data terstruktur nama Situs baru ini.

Ini contohnya:

 <script type="application/ld+json">  
 {  
  "@context" : "http://schema.org",  
  "@type" : "WebSite",  
  "name" : "John's Bakery",  
  "alternateName" : "John the Baker",  
  "url" : "https://example.com/"  
 }  
 </script>  

Dalam contoh ini, "John's Bakery" adalah nama utama situs web, dan "John the Baker" adalah nama alternatif yang dapat dipertimbangkan Google jika tidak dapat menggunakan nama utama di hasil penelusuran.

Evolusi Nama Situs

Fitur nama situs telah berkembang sejak diluncurkan pada Oktober 2022. Awalnya, Google memperkenalkan nama situs untuk tingkat domain di hasil penelusuran seluler untuk bahasa utama seperti Inggris, Prancis, Jerman, dan Jepang. Pada April 2023, nama situs ditambahkan untuk desktop untuk kumpulan bahasa yang sama. Pada Mei 2023, dukungan Google diperluas untuk nama situs tingkat subdomain dan tersedia untuk bahasa yang sama di hasil penelusuran seluler.

Kesimpulan

Pembaruan telah menyempurnakan cara Google memilih dan menampilkan nama situs Anda di hasil Google Penelusuran. Jika Google masih melakukan kesalahan dan Anda mengikuti dokumentasinya, mungkin coba beberapa solusi baru tersebut agar nama situs Anda menunjukkan dengan tepat seperti yang Anda inginkan di Google Penelusuran.

Sama seperti di pesta, saat Anda menentukan "John, pembuat roti", akan lebih mudah menemukan John yang tepat. Demikian pula, dengan pembaruan nama situs baru Google, kini lebih mudah bagi pengguna untuk menemukan situs web yang tepat yang mereka telusuri. Jadi, baik Anda pemilik situs web atau pengguna, pembaruan ini disetel untuk menyempurnakan pengalaman Google Penelusuran Anda.

No one is too busy, it's just a matter of priority.