Mengembalikan Kapasitas Flasdisk yang Berkurang Tanpa Aplikasi

Jika hal ini terjadi, maka tidak akan bisa mengembalikan kapasitas flashdisk yang hilang atau berkurang hanya dengan melakukan Format biasa.



Sebenarnya kondisi ini termasuk hal yang biasa. Anda tidak perlu panik jika hal ini terjadi pada flashdisk Anda, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti memformatnya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tetapi pada artikel Tips & Trik di Xhref ini saya menggunakan cara manual tanpa aplikasi tambahan.

Penyebab kapasitas Flashdisk berkurang

Ada beberapa faktor penyebab kapasitas flashdisk berkurang bahkan sampai hilang. Disini saya hanya membahas dua fator penyebab nya yaitu Virus dan Bootable ISO.

1. Virus

Salah satu penyebab kapsitas flashdisk yang tiba-tiba berkurang adalah virus.

Mungkin kita tidak menyadari ketika mencolokkan flashdisk ke komputer atau laptop yang sudah terjangkit virus. Virus tersebut kemudian menyebar ke flashdisk yang mengakibatkan file di dalamnya tidak bisa terbaca lagi oleh sistem.

File tersebut biasanya akan berubah menjadi shortcut. Dampak virus atau malware juga bisa lebih parah, seperti kapasitas flashdisk tiba-tiba berkurang bahkan sampai menjadi 0 Bytes dan otomatis  tidak bisa digunakan.

2. Bootable ISO

Hal ini sering saya alami, karena flashdisk saya sering saya jadikan sebagai bootable linux yang menyebabkan kapasitas flasdisk saya berkurang kapasitas nya. Dan biasanya berkurang sesuai dengan kapasitas dari ISO Linux yang dijadikan bootable. Misalnya ukuran ISO tersebut 3 GB, maka kapasitas flashdisk menjadi 3 GB yang seharusnya berkapasitas 32GB.

Apalagi jika flashdisk tersebut pernah digunakan sebagai bootable Linux dengan menggunakan aplikasi Rufus maupun software yang lain, biasanya harus melakukan format DD Image. Kondisi ini lah yang mengakibatkan ukuran flashdisk menjadi berkurang. Sebenarnya kapasitas flashdisk bukan berkurang, tetapi flashdisk terpartisi.

Cara mengembalikan kapasitas flashdisk yang berkurang atau hilang 

Jika hal ini terjadi, maka tidak akan bisa mengembalikan kapasitas flashdisk yang hilang atau berkurang hanya dengan melakukan Format biasa. 

Cara mengembalikan kapasitas flashdisk yang hilang bisa kamu lakukan tanpa menginstal aplikasi apa pun, Anda hanya perlu memanfaatkan tools Diskpart yang telah tersedia untuk para pengguna sistem operasi Windows.

Langkah-langkah menggunakan Diskpart



Ok, mari kita mulai. Berikut saya jelaskan langkah-langkah nya.

  1. Colok atau tancapkan flashdisk ke komputer maupun laptop
  2. Saran, Jika Anda memiliki file penting di dalam flashdisk tersebut, saya menyarankan untuk backup terlebih dahulu semua data-data penting ke hard disk atau bisa juga ke flashdisk yang lain agar data-data penting Anda tidak hilang.
  3. Kemudian silakan masuk ke Menu Start dan ketik Diskpart pada kolom pemcarian.
  4. Setelah muncul, Anda tinggal membukanya dengan klik kanan dan pilih Run as administrator
  5. Tampilan Diskpart memang sama dengan CMD. Sekarang Anda tinggal mengetik perintah list disk dan tekan Enter.
  6. Langkah selanjutnya pilih penyimpanan flashdisk. Saya sarankan pada saat melakukan proses Diskpart Anda hanya mencolokkan flashdisk yang akan dikembaikan kapasitasnya saya.
  7. Pada umumnya flashdisk tersebut berada pada Disk 1 dan HardDisk/SSD berada pada Disk 0. Selanjutnya Anda tinggal mengetik perintah select disk 1 dan tekan Enter.
  8. Setelah itu ketik perintah clean dan tekan Enter. Fungsi perintah ini adalah untuk membuat sistem melakukan cleaning flashdisk dan menghapus semua partisi yang ada di flashdisk.
  9. Untuk membuat partisi primary di flashdisk pasca cleaning, Anda bisa mengetik perintah create partition primary, lalu tekan Enter.
  10. Setelah itu, untuk mengaktifkan partisi yang baru dibuat, Anda ketikkan perintah active dan sekarang partisi yang baru dibuat telah aktif.
  11. Langkah selanjutnya adalah formatan flashdisk. Anda ketik perintah format fs=ntfs quick. Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengganti tipe file flashdisk ke FAT32 dengan mengganti perintah fs=ntfs menjadi perintah fs=fat32
  12. Langkah terakhir, lakukan mount flashdisk dengan mengetik perintah assign, lalu Enter

Setelah semua langkah-langkah diatas selesai dilakukan Anda dapat menutup Diskpart, dan seharusnya kapasitas flashdisk Anda sudah kembali ke kapasitas yang seharusnya dan sudah dapat Anda gunakan kembali.


Semoga bermanfaat.

No one is too busy, it's just a matter of priority.