Apa itu Phishing?

Phishing adalah kejahatan dunia maya di mana target dihubungi melalui email, telepon atau pesan teks.


Apa itu phishing?

Phishing adalah kejahatan dunia maya di mana target dihubungi melalui email, telepon atau pesan teks oleh seseorang yang menyamar sebagai institusi yang sah untuk memikat individu agar memberikan data sensitif seperti informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi, detail perbankan dan kartu kredit, dan kata sandi.

Informasi tersebut kemudian digunakan untuk mengakses akun penting dan dapat mengakibatkan pencurian identitas dan kerugian finansial.

Fitur umum email phishing

  1. Too Good To Be True - Penawaran yang menguntungkan dan pernyataan yang menarik perhatian atau menarik perhatian dirancang untuk menarik perhatian orang dengan segera. Misalnya, banyak yang mengklaim bahwa Anda telah memenangkan iPhone, lotere, atau hadiah mewah lainnya. Hanya saja, jangan klik email yang mencurigakan. Ingatlah bahwa jika tampaknya bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang demikian!
  2. Rasa Urgensi - Taktik favorit di antara penjahat dunia maya adalah meminta Anda untuk bertindak cepat karena penawaran super hanya untuk waktu yang terbatas. Beberapa dari mereka bahkan akan memberi tahu Anda bahwa Anda hanya memiliki beberapa menit untuk merespons. Ketika Anda menemukan email semacam ini, yang terbaik adalah mengabaikannya. Terkadang, mereka akan memberi tahu Anda bahwa akun Anda akan ditangguhkan kecuali Anda segera memperbarui detail pribadi Anda. Sebagian besar organisasi yang dapat diandalkan memberikan cukup waktu sebelum mereka mengakhiri akun dan mereka tidak pernah meminta pelanggan untuk memperbarui detail pribadi melalui Internet. Jika ragu, kunjungi sumbernya secara langsung daripada mengklik tautan di email.
  3. Pranala - Tautan mungkin tidak semuanya tampaknya. Melayang di atas tautan menunjukkan URL sebenarnya di mana Anda akan diarahkan saat mengkliknya. Ini bisa sangat berbeda atau bisa juga situs web populer dengan salah eja, misalnya www.bankofarnerica.com - 'm' sebenarnya adalah 'r' dan 'n', jadi perhatikan baik-baik.
  4. Lampiran- Jika Anda melihat lampiran dalam email yang tidak Anda harapkan atau yang tidak masuk akal, jangan membukanya! Mereka sering berisi muatan seperti ransomware atau virus lainnya. Satu-satunya jenis file yang selalu aman untuk diklik adalah file .txt.
  5. Pengirim yang Tidak Biasa - Apakah itu terlihat seperti itu dari seseorang yang tidak Anda kenal atau seseorang yang Anda kenal, jika ada sesuatu yang tampak tidak biasa, tidak terduga, di luar karakter atau hanya mencurigakan secara umum jangan klik di atasnya!

Umumnya, email yang dikirim oleh penjahat dunia maya disembunyikan sehingga tampaknya dikirim oleh bisnis yang layanannya digunakan oleh penerima. Bank tidak akan meminta informasi pribadi melalui email atau menangguhkan akun Anda jika Anda tidak memperbarui detail pribadi Anda dalam jangka waktu tertentu. Sebagian besar bank dan lembaga keuangan juga biasanya memberikan nomor rekening atau detail pribadi lainnya di dalam email, yang memastikannya berasal dari sumber yang dapat dipercaya.

Demikian pembahasan awal tentang phishing. Semoga bermanfaat.

No one is too busy, it's just a matter of priority.