Blogger vs. WordPress mana yang harus dipilih dan Mengapa?

Blogger dan WordPress adalah portal konten paling populer. Di sini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan kedua CMS



Blogger dan WordPress adalah portal konten paling populer. Di sini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan kedua CMS yang tentunya akan membantu Anda memilih yang terbaik sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Platform blogging gratis Blogger adalah produk Google. Keamanan, tema, server, konten, dll dikelola oleh Google. Demi alasan keamanan, Anda memiliki kendali terbatas atas konfigurasi server dan file rootnya.

Blogger – Sistem Manajemen Konten yang mudah digunakan

Platform Blogger gratis dan Anda dapat mulai membuat konten dalam beberapa klik. Platform Blogger adalah yang terbaik untuk belajar blogging pada tahap awal.

Kelebihan
  1. Anda dapat membuat blog Blogger dalam 2 menit dan mulai ngeblog dengannya.
  2. Mudah dikelola. (ganti tema, buat modifikasi).
  3. Anda dapat menyesuaikan desain blog karena Blogger sekarang mendukung lebih banyak penyesuaian (tetapi terbatas).
  4. Blogging sepenuhnya gratis; tidak perlu membayar untuk hosting.
  5. Menerangi server cepat,
  6. Servernya aman—tidak perlu khawatir tentang keamanan situs web.
  7. Anda dapat mengatur nama domain kustom untuk blog Blogger . Tapi Anda harus membeli nama domain Anda sendiri.
  8. Alat SEO bawaan seperti peta situs XML , robots.txt , dll.
Kekurangan
  1. Kontrol fungsionalitas terbatas atas blog Blogger,
  2. Anda tidak dapat mengubah struktur tautan permanen,
  3. Struktur URL mencakup bulan dan tahun, yang membuatnya terbatas untuk blog yang bergantung pada tanggal.
  4. Google memiliki hak untuk mengubah atau menghapus konten atau blog lengkap Anda,
  5. Tidak ada dukungan plugin seperti WordPress,
  6. Untuk membuat perubahan apa pun pada file tema, Anda harus menyesuaikan dengan kode. Terkadang hal itu mungkin sulit dilakukan.

WordPress – Sistem manajemen konten yang dihosting sendiri

CMS WordPress adalah platform hosting web yang lengkap. Di mana seseorang dapat sepenuhnya mengendalikan konten, desain, struktur, dll., Berikut adalah beberapa pro dan kontra yang signifikan:

Seperti semua CMS, WordPress memiliki Kelebihan dan Kekurangannya.

Kelebihan
  1. Platform yang dihosting sendiri menyediakan kontrol penuh atas blog,
  2. Mudah untuk melakukan perubahan desain, fungsionalitas blog dengan menggunakan Plugin dan tema,
  3. Mendukung pembaruan Google, fitur baru, misalnya halaman AMP.
  4. Dapat melacak SEO blog dengan menggunakan Plugin seperti Yoast SEO , Rank Math SEO , atau plugin All in One SEO ,
Kekurangan
  1. WordPress tidak gratis, Anda harus membayar hosting WordPress, tema premium, dan plugin.
  2. Keamanan situs web WordPress menjadi perhatian Anda kecuali Anda menggunakan Paket Hosting Terkelola WordPress. Paket terkelola dapat melindungi WordPress dari serangan eksternal, dan jika Anda memasang tema atau plugin nulled , itu akan menjadi perhatian Anda.

Search Engine Optimization (SEO) di WordPress dan Blogger.

Blogger dan WordPress kurang lebih mirip. Tapi dari sudut pandang SEO, ada perbedaan besar. Blogger tidak memiliki banyak fitur SEO. Jika Anda telah membuat beberapa perubahan atau menerapkan beberapa data seperti Schema Markup untuk hasil cuplikan kaya, maka Anda telah mengubah kode.

Jadi tergantung niche blog anda. Untuk artikel berita, Anda bisa memilih blog Blogger.

  • WordPress memungkinkan untuk mengatur struktur URL khusus. URL bersih adalah poin plus untuk SEO. Namun di blog Blogger, Anda tidak memiliki kendali atas struktur URL.
  • Di WordPress, Anda dapat menggunakan Plugin SEO untuk melacak SEO halaman atau postingan, tetapi di Blogger, tidak ada fitur seperti itu.
  • WordPress mendukung halaman AMP, namun tidak ada fitur seperti itu untuk Blogger.
  • Menghubungkan konten sangat mudah di WordPress dibandingkan di Blogger.
  • WordPress menyajikan URL yang sama untuk seluler dan desktop, namun di Blogger, ada masalah m=1.
  • Ada yang percaya Blogger adalah produk Google sehingga lebih SEO-friendly dibandingkan WordPress, padahal sebenarnya tidak. Google memperlakukan setiap CMS dengan cara yang sama.
  • Tema HTML5: Ada banyak tema untuk WordPress yang mendukung struktur halaman HTML5 , tetapi di Blogger sangat sedikit dan sulit ditemukan. Jadi, kami membantu Anda menemukan tema Blogger HTML5 yang SEO-friendly. Anda dapat melihat semua tema Blogger oleh seoneurons di sini .

Dari semua poin yang diberikan di atas, Anda dapat melihat bahwa WordPress jelas merupakan pemenang untuk SEO. Artinya, jika Anda ingin memulai situs web yang tersedia untuk semua orang, WordPress adalah pilihan terbaik.

Dukungan Tema dan Plugin

Anda dapat dengan mudah menambah atau menghapus fitur menggunakan tema dan plugin di situs WordPress. Tapi Di Blogger, pekerjaan ini sulit dilakukan karena Anda harus bersahabat dengan pengkodean CSS, JS, dan XML.

Di WordPress, seseorang dapat secara efisien melakukan banyak tugas menggunakan tema dan plugin. Namun di Blogger, tidak ada fitur plugin, jadi Anda harus men-tweak dengan kode secara manual. Jadi sulit untuk membuat perubahan di blog Blogger.

Anda harus bekerja dengan markup skema bawaan dari tema Blogger tetapi di WordPress ada banyak alat SEO On-Page.

Keamanan – Blogger vs. WordPress

Blogger dihosting dengan server Google, dan Google bertanggung jawab atas keamanannya. Itu berarti Blogger lebih aman daripada WordPress.

Jika Anda menghendaki

Di WordPress, Anda harus mengurus izin file paket, pelanggaran keamanan, dll. WordPress rentan terhadap serangan. Anda dapat menggunakan Cloudflare untuk meningkatkan keamanan situs WordPress Anda.

Migrasi – WordPress vs. Blogger

Blog Blogger sulit dimigrasikan dari server Google. Jika Anda memindahkan blog Blogger ke WordPress, Anda mungkin kehilangan peringkat SEO dan mungkin mengalami penurunan lalu lintas. Tidak ada alat, tentu saja tidak ada yang tersedia selain situs web kami, untuk membantu Anda dalam memigrasikan blog Anda.

Situs web WordPress mudah dipindahkan dari satu server ke server lainnya. Misalkan Anda tidak senang dengan penyedia hosting saat ini. Anda dapat dengan mudah memindahkan situs web WordPress Anda ke hosting WordPress tercepat lainnya .

Fitur Pencadangan dan Pemulihan.

Namun di blog Blogger, Anda tidak bisa mengatur backup blog terjadwal, karena tidak ada ketentuan di dashboard Blogger. Anda harus membuat cadangan secara manual, dan cadangan tersebut sulit dipulihkan karena dapat menghasilkan URL yang berbeda dari postingan blog asli.

Di WordPress, banyak penyedia hosting yang menyediakan pencadangan jadwal seperti Hostinger . Jika penyedia hosting tidak menawarkan fitur tersebut, Anda juga dapat mengatur pencadangan terjadwal di WordPress menggunakan plugin UpdraftPlus Backup .

Kesimpulan – mana yang lebih baik? Blogger atau WordPress?

Anda harus menjalankan blog pribadi, blog kecil, atau blog grup. Anda dapat menggunakan Blogger Blogspot karena gratis, mudah digunakan, dan aman. Anda tidak perlu khawatir tentang hostingnya. Itu akan hidup selamanya. Blog Blogger tidak cocok untuk tujuan profesional. Dan jika Anda ingin memulai blog untuk menghasilkan uang, Blogger bukanlah ide yang bagus.

WordPress lebih baik jika Anda memulai blog atau situs web publik untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik dari waktu ke waktu. Anda dapat menggunakannya untuk blog pribadi dan profesional. Pelajari cara membuat situs web WordPress .

Jadi ketika kami membandingkan Blogger vs. WordPress, kami menemukan bahwa Blogger adalah yang terbaik untuk mikroblog tetapi tidak untuk tujuan profesional. Anda dapat memilih WordPress, yang akan menyertakan semua pembaruan di masa mendatang terkait blogging, dan tersedia sejumlah besar plugin yang menyediakan fitur tambahan untuk WordPress.

Situs web WordPress menarik lebih banyak lalu lintas dan memungkinkan Anda melakukan tugas sebanyak mungkin. Jadi jika Anda melihat blogging sebagai karier atau bisnis, WordPress cocok untuk Anda.

Semoga bermanfaat.

No one is too busy, it's just a matter of priority.